Tuesday, August 25, 2009

Masa Depan Berubah . . . HIDUP SAAT INI!!!

ada beberapa pertanyaan yang menggelitik saya di dalam pikiran. apakah masa depan dapat berubah? apakah masa depan stagnan? apakah hasil dapat dirubah?

sebenarnya BISA, kalau kita mau merubahnya. Masa Depan jika diberitahu maka bukan Masa Depan lagi. hal itu sudah berubah begitu kamu sudah tahu Masa Depan mu, mengapa begitu? saya pakai asumsi saya yah :

katakanlah dalam satu rentang waktu A(0) adalah saat ini dan (A-1) adalah masa lalu, sedangkan A(+1) adalah Masa Depan, ketika anda mengikuti alur tersebut sebenarnya yang pasti akan terjadi adalah A(+1) karena anda berangkat dari A(0), tetapi dikarenakan anda misalnya di beritahu bahwa di masa yang akan datang anda akan mengalami X maka pada saat ini anda sudah membawa 1 faktor kedalam hidup anda yaitu : A(0+X) dan otomatis jalan hidup anda pasti akan berubah bukan menjadi A(+1) melainkan A(+1 + X)..

anda paham? jadi pelaku nya adalah anda, ketika anda tahu faktor itu dan anda punya solusi atas faktor itu maka anda bisa merubahnya tetapi kalau anda sudah tahu faktor itu dan anda tidak tahu apa yang harus anda lakuan, memang Masa Depan akan berjalan seperti itu tetapi anda menjadi tidak tenang, gelisah, was-was atas segala hal yang sudah anda ketahui tetapi anda tidak punya kemampuan untuk merubahnya.
justru anda menjadi gelisah dan muncul segala macam perasaan yang tidak menyenangkan atau yang menyenangkan (karena Masa Depan hasilnya bisa baik atau buruk tergantung apa yang sudah kita lakukan), sebenarnya ketika anda mengetahui dan muncul perasaan-perasaan baik menyenangkan atau tidak menyenangkan, sebenarnya itu sudah menjadi salah satu faktor penentu di masa depan (f) : feel, jadi komposisinya adalah A (0+"X"+f) ATAU A(0+f). kenapa "X" nya hilang? karena kalau anda tidak punya kuasa untuk mengubah faktor itu maka faktor itu dianggap tidak ada, tetapi kalau anda mampu mengubahnya maka faktor itu menjadi ada

kalau mau lebih dalam lagi di dalam "f" ini juga terdapat banyak sekali komponen komponen nya misal perasaan menyenangkan ::
f1 = perasaan senang
f2 = perasaan gembira
f3 = perasaan ceria
f4 = perasaan gairah, dst.

kalau perasaaan yang tidak menyenangkan yang muncul maka f menjadi :
f1 = perasaan gelisah
f2 = perasaan sedih
f3 = perasaan kecewa
f4 = perasaan marah, dst.

belum lagi kalau perasaan menyenangkan dan tidak menyenangkan menjadi campur aduk :
f1 = perasaan gelisah
f2 = perasaan senang
f3 = perasaan sedih
f4 = perasaan gembira, dst.

rumusnya menjadi : A (0+ "X" + f{f1+f2+f3+f4})

masih banyak faktor lain, dan yang saya bahas cuman Faktor X dan faktor f, faktor-faktor lainnya masih banyak lagi yang ikut mempengaruhi.

so jadi bagaimana seharusnya kita? yah kita hidup jalanin saja, hidup lah saat ini. .
kalau anda belum bisa hidup saat ini, kemungkinannya kecil untuk bisa menyadari semua faktor itu, karena konsep hidup saat ini adalah menyadari segala tindakan kita, segala bentuk pikiran kita, segala bentuk perasaan kita. jadi kalau anda belum bisa hidup saat ini, kemungkinan anda juga belum bisa mengidentifikasi faktor-faktor apa yang ada dan sedang terjadi dalam hidup anda.

Sulit? iya sulit tapi bukan berarti tidak bisa bukan? yah walaupun memang sulit kelihatannya bahkan prakteknya lebih sulit, itu karena kita selalu memikirkan apa yang belum terjadi dan menyesali apa yang sudah terjadi... semakin anda bisa menjalani hidup saat ini semakin anda sadar dan semakin anda bisa menerima diri anda apa adanya maka anda bisa mengubah apa yang patut dirubah untuk menjadi lebih baik.

semoga bermanfaat.

pic : pixelahead.com

2 comments:

ListeningToMusic said...

Hoping you had a super day

hendyK said...

the key to our life is live today..

tks