Monday, April 25, 2011

Keputusan Bertindak ada di tangan Anda!!!

Dua org sahabat sdg menghampiri kios koran & membeli beberapa koran serta majalah. Penjual koran yg sehrsnya gembira ternyata melayani dgn buruk, tdk sopan, dan dgn muka cemberut. Orang pertama jelas jengkel menerima layanan yg buruk seperti itu. Yang mengherankan, orang kedua tetap enjoy, bahkan bersikap sopan kpd penjual tersebut. Org pertama bertanya kpd sahabatnya, “Mengapa kamu bersikap sopan kpd penjual menyebalkan itu?” Sahabatnya menjawab, “Mengapa aku harus mengizinkan dia menentukan caraku dlm bertindak?”

Yes.!


Itulah pointnya!

Jangan pernah biarkan orang lain menentukan cara kita bertindak, Seandainya org tersebut sdg melakukan hal yg buruk kpd kita. Sayangnya, sering kali kita tdk berbuat demikian. Tindakan kita kerap dipengaruhi oleh tindakan org lain kpd kita. Kalau mereka melakukan hal yg buruk, kita akan membalasnya dgn hal yg lebih buruk lagi. Kalau mrk tdk sopan, kita akan lebih tdk sopan lagi. Kalau org lain pelit terhadap kita, kita yg semula pemurah tiba2 jadinya sedemikian pelit kalau harus berurusan dgn org tersebut.

Harus saya akui, kadang kala saya gagal juga dlm hal ini, khususnya saat saya berkendara. Saat ada mobil lain menyerobot jalan dengan seenaknya, saya tiba2 jadi jengkel dan tiba-tiba mulut mengeluarkan kata-kata kebun binatang; lalu kadang berusaha membalasnya dgn gantian menyerobot jalannya. Tindakan saya dipengaruhi oleh tindakan org lain terhadap saya. Di sisi lain, saya bisa berbuat sedemikian baik, santun, dan luar biasa terhadap orang yang juga melakukan hal yg sama kepada saya. Saat saya merenungkan tentang hal ini, saya jadi malu sendiri. Mengapa tindakan saya harus dipengaruhi oleh org lain.? Mengapa untuk berbuat baik saja, saya harus menunggu diperlakukan dgn baik oleh org lain dulu.?

Bagaimana dengan Anda.?

Apakah Anda juga punya “penyakit” seperti saya.?

Jaga suasana hati, jangan biarkan sikap buruk org lain kepada kita menentukan cara kita bertindak.!

Pilihlah tetap berbuat baik, sekalipun menerima hal yg tidak baik.!

Decision to act is in the hands of our own.!

Live Today!
dari berbagai sumber.

No comments: