Thursday, May 5, 2011

Sebulan Penghayatan Dhamma 28 April 2011 - Surga dan Neraka

SPD kali ini cukup malam dimulai pada pukul 9 malam, hal ini dikarenakan pesawat yang mengantar pembicara terlambat / delay hingga 4 jam. luar biasa sekali.

jadi kami semua sebelum mendengarkan pembicaranya melakukan meditasi yang cukup lama sekitar 30- 45 menit (tidak termasuk saya, saya hanya bermeditasi sebentar langsung hunting foto :D )
(kalau yang ini, shutter speed 1/15, ISO 2500, f 5.0, saya tidak menggunakan ISO yang tinggi sekali, karena banyaknya lampu yang sudah dinyalakan, kalau anda lihat, perbedaan gambar atas dan bawah, tentunya dapat melihat kenapa bisa berbeda sekali, lampu di pilar merupakan salah satu alat bantu untuk mendapatkan cahaya, sedangkan foto bawah saya hanya mengandalkan lampu dari ornamen atas saja.)
(shutter speed 1/25, ISO 3200, f.6.3 memang terlihat agak noise, tetapi hal itu dikarenakan saya tidak mau menggunakan blitz,  dengan EOS 7D, hasilnya cukup menyenangkan hati karena tanpa bantuan cahaya, dan lampu sebagian dimatikan masih dapat ketajaman dalam menangkap gambar, kegelapan gambar juga dipengaruhi dari bukaan (f) yang saya buka sedikit lebar karena supaya tidak terlalu kabur nantinya.)
lalu ketika beliau datang, pak wowor menguraikan apa yang termasuk dalam surga dan negara, lalu menjelaskan berapa bagian dari surga dan berapa bagian neraka.
pada intinya sih sesuatu yang berada di luar logika manusia, karena tidak bisa dibuktikan secara fisik.

penjelasan yang diberikan beliau sangat lugas, sederhana, padat dan jelas. sehingga pada audiens bisa menangkap apa maksud dari tema malam tersebut.

lalu karena terlalu malam, sehingga sepertinya tidak ada banyak pertanyaan yang dapat diungkapkan atau di pertanyakan. tetapi secara keseluruhan tema tersebut menarik karena dapat membantu menjelaskan apa yang umat buddha ragu selama ini mengenai surga dan neraka, khususnya di balikpapan.

semoga bermanfaat.

2 comments:

reza aconk said...

blog yang anda miliki bagus!!!
dan saya hanya blog walking
jika berniat liat blog saya kunjungin balik ya??

hendyK said...

terima kasih sudah blog walking, saya akan berkunjung balik.

salam sukses..