Sunday, December 8, 2013

Training Saham - with bei5000

tahun ini sebenarnya saya sudah membuat perencanaan untuk melakukan training (sebenarnya idealnya tiap tahun kalau bisa, sama seperti ketika saya latihan meditasi).

alhasil dikarenakan kesibukan akhirnya hingga menjelang akhir tahun saya mengecek daftar impian saya dan ternyata saya belum melakukan pelatihan apapun yang bermanfaat untuk pengembangan diri saya. akhirnya saya mencari, ada banyak sekali training yang diadakan di bulan desember dan saya tentu saja selain harus bisa memilah mana yang terbaik juga yang waktu-nya sesuai dengan jadwal saya, akhirnya saya memilih untuk mengikuti training saham yang diadakan salah satu teman saya (bei5000).

jadi bertemu lah saya untuk pertama kalinya dengan founder bei5000, sejak awal kenal dengan beliau, selalu saja belum ada waktu yang cocok untuk bisa bertemu. akhirnya setelah beberapa tahun bisa bertemu juga dengan beliau. okay, jadi apa sih yang dipelajari, sebagian kecil adalah hal simple yang sebenarnya sudah dilupakan oleh banyak orang. jika ingin menganalisa, logika saja jangan terlalu ribet,simple saja. contoh jika ingin pake MA bole dikombinasi dengan MACD.

hal lain yang penting yang mungkin bisa saya bagi dan benar-benar berguna, bermanfaat untuk saya share bagi teman-teman yang sering diskusi dengan saya adalah bahwa :
1. Analisa Teknikal BUKAN untuk memprediksi pergerakan harga saham mau naik atau turun ke berapa, namun menganalisa trend yang sedang terjadi.
(saya setuju dengan pernyataan ini, selama ini pencarian saya untuk menggunakan teknikal juga sebenarnya salah konsep dan juga seringkali orang selalu menanyakan kepada saya prediksi harga saham X, Y, Z akan seperti apa, seolah-olah saya punya kunci jawaban-nya, maaf saya tidak tahu. yang paling saya hormati adalah kesederhanaan beliau dalam menjelaskan dan apabila tidak tahu, dia tidak segan akan mengatakan "tidak tahu")
2.  Trend adalah sesuatu yang kapan saja bisa berubah.
3. telat masuk karena menunggu konfirmasi arah lebih baik daripada terlalu cepat masuk. (seringkali saya dan beberapa teman suka membuka posisi padahal trend belum menunjukkan pembalikan arah atau konfirmasi, dan kemudian akhirnya menyebut diri saya seorang investor "menghibur diri"..hehe)
4. menggunakan Analisa Fundamental bukan berarti membeli saham perusahaan yang labanya sedang naik dan harga sahamnya murah pasti mendapatkan keuntungan. seringkali fakta di pasar, saham yang murah bisa semakin murah, sementara saham yang dianggap sudah mahal, bisa makin mahal lagi.
5. Rumour, cara paling aman dalam menanggapi rumour adalah DIABAIKAN!!!.
6. News, biasanya sudah telat kalau mengandalkan news, karena biasa harga akan langsung naik sebelum News keluar (semoga teman saya yang membaca ini tersadarkan dan tidak selalu nge-ping saya setiap ada berita baru hahaha...).
7. Trading Plan, prioritas pertama adalah menjaga modal baru kedua mencari keuntungan (dari sekian banyak diskusi, topik ini paling sulit juga paling susah di jalankan, karena kondisi finansial orang beda2 sehingga trading plan setiap orang bisa berbeda dan unik).

ada beberapa poin pembahasan yang juga tidak kalah penting seperti :
-. pembahasan mengenai bagaimana AALI dapat mengalahkan IHSG, disaat turun, dia bisa naik terus menerus.
-. Kesamaan dan Perbedaan Bursa Saham, MLM, Ponzi Scheme, ini ada di blog nya silakan di klik judulnya.
-. Concept Money Flow
-. Trading Plan / Money Management (ini yang paling susah menurut saya, masih harus banyak belajar disiplin dan konsistensi mengikuti plan. salah satu contoh adalah bahwa saya sering tidak konsisten padahal sudah tertulis dalam trading plan, eksekusinya bisa berbeda dan jujur diakui, kita sendiri akan mencari pembenaran untuk itu)
-. Mindset dalam menggunakan analisa FA dan TA. (sering kali menggunakan analisa yang salah untuk memprediksi sebuah saham, contoh saham yang kosong dianalisanya fundamental, sedangkan yang fundamental nya bagus yang dianalisa nya teknikal, seharusnya kombinasi kedua nya, bukan salah satu seperti yang dijelaskan tadi, mindset yang benar bisa menentukan hasil trading)
-. Bagaimana cara menggunakan tools yang ada di bei5000/grafik_saham, harga wajar, teknikal chart, tools nya cukup bagus untuk digunakan, dsb.
-. Outlook Ekonomi 2014, melihat kondisi perekonomian saat ini, pemilu, suku bunga BI, dampak perubahan sosial dalam masyarakat, perilaku ekonomi.
-. Industri yang akan mungkin akan menjadi trend di masa mendatang
(sory picture saya blur karena saya belum dapat ijin untuk boleh di post di blog saya)

dan masih banyak lagi sebenarnya, jujur untuk materi seperti ini waktu yang tersedia sangat kurang untuk hanya pembahasan yang kelihatan sederhana tetapi ketika kita masuk ke dalam baru menyadari bahwa kita masih perlu belajar banyak.

the last but not the least..
(narsis dulu sebentar..)
semoga bisa bermanfaat...

Disclaimer

Segala tulisan yang ada di atas ini merupakan hasil riset pribadi dan tidak dimaksudkan sebagai suatu anjuran atau saran untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi (saham, forex, dll). Investor (pemilik investasi) maupun trader harus menyadari resiko tindakannya. Segala keputusan dalam membeli atau menjual suatu instrumen investasi memiliki resiko yang harus dipahami sebelum pengambilan keputusan.
Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang yang timbul dari tindakan membeli atau menjual instrumen investasi. Rencanakan investasi/trading anda dengan baik dan dengan kesadaran penuh serta Tanggung Jawab pribadi. Keputusan anda adalah tanggung jawab anda sendiri.
Semua isi dari blog ini baik berupa tulisan, data, suara, kata – kata, text, kalimat, grafik, chart, percakapan, bukan merupakan suatu ajakan untuk membeli atau menjual suatu instrumen investasi. SETIAP KEPUTUSAN INVESTASI MENJADI TANGGUNG JAWAB PIHAK PEMILIK INVESTASI ATAU PEMILIK MODAL.

No comments: