Friday, January 27, 2012

High School Reunion - Masa Depan ≠ Masa Lalu


kemarin kita semua sepakat bertemu di salah satu kafe di kota balikpapan, setelah berkumpul maka kita saling bersapa satu sama lain dan menanyakan kabar masing-masing, walaupun ada yang satu kota tetapi dikarenakan kesibukan masing-masing maka jarang sekali ada kesempatan untuk bertatap muka.

setelah kita saling berbicara dan bertemu sapa, akhirnya masing-masing dari kami bercerita. ada yang sudah mengurusi SPBU, ada yang kerja di Batu Bara, ada yang membuka bisnis percetakan, ada pula yang sedang dalam tahap membangun hotel. wow, dilihat dari 11-12 tahun yang lalu dan kemudian melirik sampai saat ini, tidak akan terbayangkan apa yang akan terjadi pada diri kami terutama yang sedang reuni ini. saya juga tidak bisa membayangkan apa yang terjadi pada diri saya 12 tahun yang lalu sampai saat ini. waktu SMA dulu tidak ada kemungkinan menjadi seperti sekarang ini, yang kami bicarakan adalah bagaimana dapat mencapai kesuksesan.


saya juga tidak bisa membayangkan bahwa kita bisa sedemikian sukses tanpa ada perencanaan (maksudnya let it flow), sampai saat ini yang kami bicarakan juga berputar-putar pada bagaimana mencari bisnis baru, bagaimana prospek usaha dan lain sebagainya. semakin malam, pembicaraan kami semakin dalam mengenai segala yang terjadi pada diri kita, sosial, relationship, pertemanan, dan aspek-aspek lainnya. ada beberapa hal yang saya perhatikan selama pembicaraan kami, ternyata ada beberapa yang masih berbicara seperti masa lalu (memang ada yang mempunyai sifat seperti itu), artinya pola pikir mereka masih berada di masa lalu, raga mereka sedang berada disini, tetapi pikiran mereka masih memegang kepercayaan dulu.

setelah bertemu dengan mereka, saya malah merasa mantap dan yakin untuk segera melakukan perubahan dalam hidup saya, tidak perlu drastis dan yang ekstrim. saya hanya perlu mengubah sudut pandang saya, pola pikir saya dan software yang terletak pada pikiran saya, dan beberapa trauma / mental block. mengapa? karena untuk melangkah ke masa depan kita harus berpijak pada masa sekarang, tetapi masa sekarang ini kalau masih membawa masa lalu, maka masa depan = masa lalu. jadi beresin dulu. logika nya begitu kan..? sehingga kita bisa menciptakan masa depan yang lebih baik.
ya semoga saya bisa menjadi diri pribadi yang lebih baik dan positif setiap harinya. sesuai benih, tekad dan usahanya, semoga demikian adanya.
semoga bermanfaat.
hk

No comments: