Tuesday, May 22, 2012

Risks and Rewards

beberapa minggu lalu, saya bertemu dengan AO salah satu bank besar di indonesia untuk pengurusan dan pengecekan rekening saldo, kemudian karena ada sesuatu dan lain hal, sistem sedang tidak bekerja dengan baik sehingga kita harus menunggu. pada saat menunggu itu saya berbincang dengan beliau mengenai bisnis dan usaha apa yang lagi sedang booming saat ini. pembicaraan dimulai dari apa bidang usaha saya dan seterusnya


akhirnya setelah berbicara cukup lama, saya akhirnya mengetahui bahwa banyak yang berpikir mengenai keuntungan terlebih dahulu, berapa besar jumlahnya, kenapa? karena itu yang termudah dan paling gampang diukur. memang seolah menjadi pedang bermata dua karena disatu sisi, menentukan ukuran kemajuan perusahaan kita, disisi lain juga kita jadi profit orientasi.

kemudian minggu kemarin, saya sedang duduk dan berdiskusi tentang berbagai macam hal bersama teman-teman, mulai dari buku yang saya baca "Onward" sampai kepada membangun usaha. nah dari semua diskusi, mungkin yang cocok untuk dijadikan artikel adalah mengenai risk and reward, resiko dan imbalan. kenapa begitu? begini ceritanya, selama ini saya perhatikan teman2 selalu melihat nya adalah besarnya keuntungan dari sebuah usaha. itungannya selalu ke final number, profit nya. apakah salah? tidak, sama sekali tidak. 


alangkah baiknya kalau seandainya kita punya kerangka yang lain, kerangka ini digunakan untuk menentukan resiko dan imbalannya. nah tuh kata-kata apapula ini? ya ini adalah filter yang saya selalu gunakan setiap akan menganalisa bisnis atau usaha. filter apakah itu? setiap saya analisa, saya akan lihat REWARD nya (PROFIT-nya, sistemnya, administrasinya) setelah lihat, lalu saya lihat Risk -nya (Loss-nya, Competitor-nya, environment, rules, dsb) setelah lihat itu, baru saya kembali lihat ke dalam diri saya, apakah sesuai dengan kemampuan saya (financing), time, energy, thoughts, ideas and system. apakah sesuai tidak dengan saya.

jadi tidak terbuai dengan besarnya penghasilan, itu bonus. banyak tawaran yang datang kepada saya, bahkan saya pun mencari dan mensurvei berbagai jenis usaha, mulai dari mendatangi seminar, expo franchise, bahkan iseng-iseng melihat orang jualan di pinggir jalan (kadang ada yang berbaik hati mau memberi ijin kepada saya cara mereka melakukan usaha mereka, i'm grateful).

Risk nya? yah rugi waktu, dalam arti anda menghabiskan waktu anda untuk hal-hal yang harus anda pelajari dalam bidang tersebut, bisnis / usaha lain juga ada rugi waktu, seperti investasi training produk, sistem dan administrasinya, juga rugi dalam bidang finansial dalam arti anda salah melakukan strategi yang berakibat pada hilangnya nominal ekonomi (hilang duit), dan itu bisa terjadi pada semua jenis bisnis juga.

REWARD nya, unlimited income (sama bisnis lain juga ada seperti itu), waktu yang fleksibel (kapanpun anda mau bertransaksi anda hanya klik mouse nya, saya pernah melakukan beberapa strategi pembelian dan penjualan pada waktu di airport ketika berlibur ;p, if you do your Homework, lagipula sekarang ada sistem yang bekerja untuk membantu anda , tidak membutuhkan karyawan (anda melakukan sendiri, analisa sendiri).

Disclamer on, perhatian!!! ingat anda bertanggung jawab pada diri anda sendiri, walaupun saya katakan risk and rewardnya, tetap saja anda harus berpikir apakah itu sesuai dengan anda atau tidak. jangan dijadikan patokan Risk dan REWARD saya, bisa jadi anda merasa analisa sendiri tidak menyenangkan bagi anda, silakan buat daftar anda sendiri apa Risk dan REWARD nya. bisa pula apa yang merupakan RISK bagi anda merupakan REWARD bagi pihak lain.
mau belajar? sangat banyak sekarang blog yang ada, banyak juga buku-buku yang mengajarkan. silakan dicari dan semoga bermanfaaat.

No comments: