Thursday, August 16, 2012

05 - 12 Aug 2012 - Panti Semedi Balerejo Season 4 (5th)

kali ini latihan kesana, saya akan membahas mengenai perlengkapan yang dibutuhkan disana. saya perhatikan tiap tahun banyak yang masih belum mengenal kondisi cuaca disana sehingga kadang peralatan atau perlengkapan juga kadang masih belum lengkap atau belum ada yang tahu apa yang harus dilakukan disana.

oke, yuk mulai satu persatu.

kalau dilihat dari gambar dimulai dari kiri atas, maka itu ada
1. Botol minuman, sebenarnya disana sudah disediakan botol minum plastik, sehingga kita bisa me-refill ulang, disana ada refill ulang hanya saja cuaca disana bisa dingin sekali sehingga waktu kita mau refill air panas itu sedikit kesulitan, belum lagi tempat meditasi itu jauh-jauh, pasti kesulitan untuk mendapatkan air panas. oleh karena itu lah botol minuman itu dapat membantu terutama bagi yang sedang mengejar target :p

2. senter, di sana sudah disediakan juga senter jadi tidak bawa juga tidak apa-apa, senter yang disana multi fungsi dapat dijadikan lampu juga.

3. timer, dulu waktu saya kesana, timer dibuat sama semua, kita membutuhkan timer itu sebagai penanda waktu yang kita pasang sendiri / set time untuk waktu meditasi. tetapi seiring dengan waktu, kadang kita berada di tempat dimana teman latihan kita juga berada disana lalu ketika kita mulai bermeditasi, biasanya timer nya teman yang bunyi sedangkan kita biasanya pikiran menipu kita dan mengira bahwa itu adalah bunyi timer kita. oleh karena itu maka timer saya bawa sendiri untuk membedakan bunyi timer dengan teman-teman seperjuangan lainnya..

4. buku dan pulpen, fungsinya adalah mencatat waktu dan pengalaman yang dialami selama latihan, bukan menuliskan kisah hidup karena notebook sekecil itu tidak akan mampu menampung cerita-cerita yang ada disana, kapan yah dapat ipad (hehe..), fungsinya adalah menulis pengalaman yang terjadi pada waktu meditasi dan waktu yang telah ditempuh dalam meditasi, waktu mulai - waktu selesai dan sebagainya.

5. kaos kaki dan tutup kepala, ini fungsinya adalah menutup kepala kita, sebenarnya juga ada jaket juga yang dapat membantu kita melawan kedinginan pada saat kita sedang bermeditasi. 

6. terakhir tas, tas yang ada disitu digunakan untuk menampung segala sesuatu yang dapat dipergunakan, seperti peralatan mandi, air, timer, dan sebagainya. biar kelihatannya seragam juga.

setelah itu ada briefing sebentar untuk memberitahu perihal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan disana.

semoga dapat membantu 

No comments: