Saturday, August 25, 2012

Dapat apa kamu disana?... Panti Semedi Balerejo (V. Bodhigiri)

ini pertanyaan yang kembali saya dapatkan ketika teman-teman menanyakan saya setelah saya kembali dari latihan di panti semedi balerejo. mmh, untuk itu biasanya saya menggunakan jawaban tahun lalu yang saya gunakan untuk beberapa jenis orang klik disini dan jawaban terakhir juga yang selalu saya saya berikan kepada orang-orang yang mau benar-benar bertanya.
(using only camera phone)
untuk kali ini, saya ikut dengan rombongan BUC gelombang pertama pada tahun 2012 ini, dan saya mencoba untuk melihat pada diri saya sendiri apa yang terjadi pada diri saya, dan sebenarnya apa sih yang saya harapkan? atau bagi sebagian besar orang berpikir bahwa mereka berusaha mendapatkan sesuatu disana. saya juga dulunya berpikir kesana harus mendapatkan sesuatu disana, tetapi masalah muncul ketika apa yang kita harapkan tidak terwujud atau terjadi, bahkan bisa saja banyak kejadian yang menarik yang terjadi yang tidak kita harapkan.

tetapi untuk diri saya pribadi, saya juga sebenarnya pasti ada mengharapkan sesuatu disana, ada sesuatu yang ingin saya capai seperti memperbaiki atau mendapatkan sesuatu, pertanyaan ini sampai juga di telinga YM Bhante Uttamo MT. jawaban beliau adalah "kita tidak mengharapkan hasil, kita mencari jalan-nya." meditasi adalah miniatur kehidupan, sebagai contoh ketika kita sedang bermeditasi dan kebetulan meditasi nya berada pada kondisi yang pas, mantap, hening, tenang dan luar biasa damai. ketika bel timer berbunyi ya kita harus selesai lalu kita memulai lagi hitungan dari awal dan ketika kita bermeditasi lagi tetapi tidak mendapatkan hasil yang seperti tadi ya kita jangan kecewa karena harapan tidak selalu sesuai dengan kenyataan.

begitu pula dalam kehidupan kita sehari-hari, ketika kita dihadapkan oleh segala sesuatu yang sesuai harapan kita, kita fine-fine saja, dan merasa hidup ini indah dan luar biasa sekali. tetapi dalam hidup ada kalanya  dan biasanya sering kali kita akan menemui hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, disinilah peran kita sesungguhnya, mampukah kita menerima kenyataan sebagaimana adanya? bisa kah kita menerima kenyataan ketika kenyataan itu tidak sesuai dengan harapan kita? itu lah tes sesungguhnya, dan kita belajar untuk menghadapi itu sebenarnya.

jadi ya sebenarnya dapat apa saya disana? ya dapat pelajaran bahwa meditasi merupakan miniatur kehidupan, disana (panti semedi balerejo) kita belajar mengenal diri sendiri, bagaimana reaksi diri kita terhadap lingkungan sekitar kita. mampukah kita menghadapi diri kita sendiri.

jadi mungkin penjelasan sederhananya adalah saya mendapatkan pemahaman bahwa hidup semestinya harus bisa menyesuaikan antara harapan dan kenyataan. kita tidak bisa mengubah kenyataan tetapi kita bisa mengubah harapan kita.

semoga bermanfaat.

No comments: