Tuesday, July 26, 2011

Dapat apa kamu? @Panti Semedi Balerejo (Vihara Bodhigiri) - Season 03

kepulangan saya dari latihan di panti semedi balerejo (Vihara Bodhigiri) membawa banyak pertanyaan dari teman-teman saya. pertanyaannya unik unik dan saya pun memberikan jawaban yang unik unik kepada mereka berdasarkan tipe-nya.

jenis pertanyaannya sama, tetapi pertanyaan yang dilontarkan berasal dari orang-orang yang berbeda latar belakang maupun keyakinannya.

ask : dapat apa kamu disana hen?
answer 1 : dapat banyak, pemandangan
answer 2 : dapat pengalaman
answer 3 : wow, mantaps
answer 4 : cuci batin dunk, masa mata aja yang dicuci.
answer 5 : senyum nyengirr. :)
answer 6 : latihan
answer 7 : mengembangkan kesadaran
answer 8 : melatih disiplin, semangat dan ulet.
answer 9 : diam tidak menjawab apapun karena saya tidak mengenal orang itu tetapi dia bisa bertanya hal seperti (curigation mode on)

kenapa bisa ada jawaban yang berbeda-beda? karena orang unik dan berbeda, belum tentu mereka puas dengan satu jawaban, bahkan mereka akan bertanya lagi, bertanya lagi.

jadi jawabannya apa hen?
ya sebenarnya hanya mengembangkan kesadaran, sadar "SAAT INI SEDANG APA?". ini loh yang selalu menjadi penyebab kita menderita. kita terlalu memegang erat masa-masa kejayaan kita dulu atau masa-masa kelam kita padahal badan sudah disini tetapi pikiran masih di belakang sana. begitu juga dengan masa depan kita terlalu berharap bahwa masa depan akan sesuai dengan harapan kita atau khawatir terhadap apa yang akan terjadi di masa depan yang belum tentu terjadi, jadi badan masih disini, pikiran dah melayang jauh ke depan.

jadi yah hanya meletakkan pikiran kita saat ini, seperti pepatah kung fu panda "yesterday is history, tomorrow is mystery, today is a gift that's why it's called PRESENT"

No comments: