Saturday, September 5, 2009

My Story @ Panti Semedi Balerejo - Part 01

wah hari pertama di mulai dengan penuh kepercayaan diri langsung mulai meditasi. tempat pertama saya adalah di gazebo, memang sudah ada beberapa orang yang berada di sana yang sudah mulai duluan..2 jam pertama rasanya bisa saya atasi, tapi ketika hari menjelang sore disana udara mulai dingin, maklum kita berada di ketinggian 550 m, kata beberapa orang tidak begitu dingin tapi saya secara pribadi mengatakan ini dingin sekali. apalagi berada di gazebo tersebut yang berada di tempat terbuka. bagaimana pun ada kesepakatan yang harus saya penuhi dan taati, jadi saya tetap paksa beberapa jam berikutnya disana. semakin malam bukannya semakin baik tapi malah semakin dingin udaranya. saya lihat beberapa peserta bahkan sudah ada yang mantap nih dalam meditasinya, mereka kelihatannya serius sekali (ya iyalah serius, sudah jauh-jauh kesini masa mau main2???).
saya pikir hanya saya saja yang ga benar nih, obyek meditasi jadi kabur, tujuan jadi tidak jelas, pikiran sudah mulai berontak lari kemana-mana. instruksi / pedoman yang diberikan pada waktu awal-awal mulai sudah tidak dapat dipegang, awalnya memang di paksa untuk bisa meditasi duduk atau jalan supaya kita bisa tahan terlebih dahulu dan memang benar saja pada waktu 15 menit awal sih ok-ok aja, loncat ke menit 16, pikiran mulai banyak tanya, mulai komplain.
pikiran ibarat monyet dia lari kemana saja yang penting tidak menetap di satu tempat, pertama awal-awal saya coba paksa untuk mengembalikan dia ke obyek nafas, tapi semakin di lawan dia semakin ganas..
pada waktu di paksa dia akan tunduk sejenak tapi langsung mulai liar lagi. pikiran akan mencari jalan keluarnya sendiri karena pikiran ga mau diperintah.saya mencoba mencari ketenangan dalam meditasi (ini pikiran awal loh, supaya ntar ga ada yang komplain, ini pikiran masih dodol, masih lugu), apa yang ingin saya capai (target,??? malah meditasi kalau di target tidak akan mencapai apa-apa).. (jadi intinya sih pikiran itu yang muncul dalam pikiran saya) kenapa sih begini? kenapa sih begitu.. kok bisa begini yah, kenapa yah begitu.. semua bentuk pertanyaan muncul, rasionalisasi mulai muncul menganggu saya, apakah harus saya duduk 30 menit? kan bisa 15 menit saja... toh lebih enak lagi, begitu 15 menit selesai istirahat sebentar baru lanjut lagi.. (kalau saya turuti rasionalisasi pikiran saya, mungkin bisa ga meditasi disana).

hari itu perjuangan saya adalah melawan hal-hal yang berada di luar diri saya, udara dingin, cuaca mendung, angin yang meniup bukan angin biasa tapi benar-benar angin dingin. saya sudah menyiapkan sarung tangan dan kaos kaki plus kaos kepala.. pokoknya bagaimanapun juga saya tidak akan beranjak dari gazebo sampai selesai..
beberapa jam kemudian tinggal saya dan 2 orang lagi, tapi wah saya sudah benar-benar tidak tahan. jam sudah menunjukkan pukul 02.00 pagi, ga kuat!!! pikiran udah mulai macam-macam lagi, wah ribut mengenai jadwal tidur yang kurang.
kira-kira begini percakapan rasionalisasi pikiran saya kepada diri saya:
1. wah biasa waktu tidur cukup kenapa kesini kok malah disini malah ga cukup, ini bukan alasan kamu bermeditasikan? bermeditasi supaya waktu tidur mu kurang? bukan begitu kan?
2. coba lihat tuh sisa 2 orang, pasti nya yang lain udah pada tidur tuh... tuh yang sisa 2 orang itu paling ketiduran.. udah mending kita tidur aja..
3.udah gini aja deh, lebih baik kita tidur aja deh, abis itu ntar kalau sudah bangun baru lanjut lagi meditasinya, toh kan ga ada yang tahu...
4.
ini ketika poin 1,2 dan 3 saya tidak hiraukan, poin ini lebih parah: (wah pikiran benar-benar luar biasa pintar, dan saya benar-benar mengantuk waktu itu, jalan sudah goyang kanan kiri, duduk sudah mulai bungkuk).. kamu udah kedinginan, kaki udah seperti beku ga ada rasanya, terus badan kamu udah menggigil walaupun kamu udah pake sarung tangan, kaos kaki dan kaos kepala, masa kamu lanjutin terus? percuma saja kan? toh kamu ga dapat apa-apa, rugi kamu meditasi kalau begini, mending kamu coba istirahat dulu deh di kamar, daripada kamu beristirahat di sini percuma kalau sebentar, kamu istirahat di kamar tuh ada selimut lebih enak (wah membayangkan tidur didalam selimut dalam keadaan kedinginan itu uenaknya luar biasa...)
akhirnya saya di kalahkan di poin 3 ini.. pikiran 1 - saya 0, dan saya tetap menggigil walaupun di dalam kamar dan di selimut.. payah... :p

No comments: