Sunday, December 25, 2011

Apa yang ingin kamu capai 5-7 tahun ke depan? Part 01

awalnya terjadi ketika saya sedang berbicara dan berdiskusi dengan beberapa teman saya, di picture ada buku Merry Riana, ada kisah dimana saya membaca (silakan diklik => ) buku nya habis hanya dalam waktu beberapa puluh menit saja. By the way, ketika membaca itu kami membahas mengenai impian, apa yang ingin kita capai, apa yang harus kita benahi, bagaimana cara membenahi, kemudian apa yang membuat supaya perkumpulan kami bisa lebih positif, lebih berani menerima tantangan dan banyak hal lainnya.
lalu tadi saya sedang membongkar-bongkar file lama saya dan saya lihat goals yang saya ciptakan pada tahun 2004, hampir terwujud semua, walaupun ada yang belum. jika di lihat dari per aspek, hampir yang berada dalam prioritas semuanya terwujud.

1. dari Aspek Spiritual, ternyata saya menulis pada tahun 2004 bahwa saya ingin berlatih di tempat Y.M. Bhikkhu Uttamo MT. dan terwujud di tahun 2009, kemudian mampir ke vihara yang melatih vipassana di malang. saya shock bercampur rasa syukur, bahwa saya menulis impian tersebut dan terbukti bahwa impian itu harus tertulis.

2. dari Aspek Finansial, jumlah uang yang ingin saya capai sudah mendekati (ini personal jadi saya tidak membagi terlalu rinci, anda pasti mempunyai target anda sendiri), bahkan ada poin tertentu dari sub aspek yaitu stock / trading saham dimana saya membuat return of the year-nya x persen (sekali lagi ini personal), tercapai dengan rata-rata 2.23 % (data akhir des 2011) diatas target saya (yang jelas ini diatas suku bunga tabungan yang ada saat ini), pencapaian hal ini yang membuat saya sangat termotivasi untuk merancang kembali hidup saya.

note : pencapaian itu terlepas dari bencana finansial tahun 2008 (saya mendapatkan keuntungan signifikan tetapi juga mendapatkan kerugian yang tidak sedikit), oleh karena itu saya sedang merancang sistem yang harus memperhitungkan gejala-gejala seperti itu (learn from history and experience).

3. dari Aspek Bisnis-Karier, pencapaian yang saya amati dari 2004 hingga saat ini 2011, 2006-2007 itu bener-bener tidak terduga dan sungguh saya syukuri karena ekspansi bisnis, walaupun banyak rintangan yang saya hadapi terutama tahun 2007-2008 dimana bisnis mengalami guncangan bukan karena krisis finansial tetapi karena internal perusahaan. perlu waktu 2 tahun untuk pulih dan bangkit kembali setelah mengalami luka-luka sebagai konsekuensi dari sebuah ekspansi bisnis.

4. dari Aspek Pengembangan-Diri, tahun 2008-2009 merupakan tahun terburuk dari diri saya, selain kehilangan kepercayaan diri, kesehatan saya, jika melihat diri saya dulu dan dibandingkan diri sekarang terlihat sekali perbedaan sangat signifikan.

selain itu ada beberapa hal yang tidak baik yang terjadi pada diri saya, pertengahan tahun 2009 saya berusaha untuk bangkit dan mencari bantuan dari segala bidang. mulai dari membaca buku, mencari mentor, memulai segala sesuatu dari awal, segala sesuatu yang saya rasa bermanfaat untuk menjadi lebih baik saya kerjakan, istilahnya nothing to lose.

5. dari Aspek Sosial, ada banyak sekali ruang bagi kita untuk berbagi, sejak 2010 saya dan beberapa teman saya berusaha untuk selalu memberikan bantuan kepada yang membutuhkan (walaupun belum ada nama yang tetap untuk kegiatan kami), kami berusaha semampu kami untuk bisa membantu kepada mereka yang membutuhkan dan ini juga berkat bantuan dari para donatur yang percaya pada kami, semoga semua berbahagia. saya tidak bisa menyebutkan satu-persatu tetapi jujur saya tidak bisa melakukannya tanpa bantuan banyak pihak.

6. dari Aspek Wisata, ada beberapa tempat yang direncanakan tercapai, bahkan ada beberapa yang tidak terpikirkan terwujud, ada juga yang belum terwujud tetapi sudah masuk rencana (it's good to have dream in written)

7. dari Aspek Materi, ini bersifat personal, tetapi kadang menurut saya hal kecil pun bisa sangat bermanfaat untuk saya, seperti contohnya adalah gadget untuk mendukung pekerjaan saya. lalu ada juga impian untuk mempunyai rumah impian, jenis rumahnya, desainnya, not just only one, but several ;p (still in progress).

8. dari Aspek Keluarga / Family, mungkin ini aspek yang menurut saya harus saya benahi lebih banyak lagi, dengan bertambahnya usia dan kedewasaan, saya benar-benar harus berpikir beberapa langkah lebih maju lagi, pengalaman adalah guru terbaik dan saya sudah memikirkan beberapa langkah yang akan saya tempuh dan mempelajari pola-pola, dan saya bersyukur bahwa ini malah membuat saya lebih fokus dalam mengejar impian saya.

inilah 8 Aspek dalam kehidupan yang menurut saya penting bagi kemajuan hidup saya, 

sudahkah anda merancang hidup anda? 
sudah kah anda menulis impian anda?

bersambung...


hk

2 comments:

Merie Hovina Ching said...

Saya juga telah membaca buku Merry Riana "A Gift from a Friend" dan merasa sangat termotivasi, hanya saja saya masih merasa bingung untuk memulai, karena saya belum memahami apa yg dapat saya lakukan...

trade4u said...

Buku "A Gift From a Friend" hanya sebagai titik awal dari teman-teman untuk memotivasi mereka supaya mulai merancang hidup mereka sendiri. jika ingin lebih jelasnya lagi, bisa membaca buku Adi W Gunawan, diantaranya "The Secret of Mindset", "Manage your Mind to Success", "Becomin a Money Magnet" dan "5 Principles to turn your dream into reality". buku-buku tersebut saya baca dan bermanfaat. semoga dapat membantu mengatasi dan membantu pemahaman atas apa yang ingin dicapai. semoga bermanfaat.