Friday, December 2, 2011

Tahu kapan harus berhenti

ini kisahnya adalah kalau kita terlalu memaksa apapun yang kita kerjakan. apapun yang coba kita kerjakan semuanya pasti ada batasnya, dan yang bisa memberitahu batasnya adalah tubuh kita. selama 4 hari ini saya mengalami gangguan tubuh yang cukup menganggu tetapi tidak sampai kolaps atau pingsan. hanya saja sedikit menganggu aktivitas saya baik pekerjaan maupun hal lainnya.

4 hari terakhir saya mengalami gejala penyakit yang aneh, tetapi mungkin karena cuaca sedang pancaroba (hujan deras kemudian tiba-tiba menjadi sangat cerah) kondisi badan yang tidak fit sudah dapat dipastikan akan terkena penyakit. 

jadi hari pertama, saya mungkin yang paling tahu, maag, karena terlambat makan. itu sudah pasti karena saya pernah jatuh sakit terkapar di tahun 2009, jadi hajar obat maag.

hari kedua, saya mengalami gejala pusing di belakang leher serta panas, malamnya yang parah, tidur saya seperti tidur ayam, beberapa jam kemudian terbangun. hari itu saya coba berbagai macam herbal mulai dari teh hijau sebelum hajar parasetamol.

hari ketiga, pusing sudah hilang tetapi badan masih hangat, tetapi gejala lain muncul, tenggorokan saya sakit, sakitnya bener-bener bukan sakit yang hanya panas dalam, tetapi untuk menelan ludah saja sakit. tindakan pertama saya ya hajar vitamin C dan minum larutan. malam dapat dilalui walaupun sering bangun untuk membuang dahak.

hari keempat, pusing hilang, panas hilang, tenggorokan masih ada sedikit rasa sakit, tetapi yang ada flu. 4 hari dengan 4 jenis penyakit yang berbeda. ini kalau dibawa ke dokter mungkin akan diberikan 4 jenis obat yang keras yang mungkin akan memberikan efek yang berbeda. flu ini saya paling takuti, karena saya bernafas jadinya sulit dan kalau mengambil nafas lewat mulut, ada kemungkinan saya bisa batuk (itu sudah sering terjadi pada saya).

so apa pelajaran yang harus dipetik? well, kita harus berhati-hati menjaga tubuh kita. pekerjaan tidak ada habisnya, tetapi kesehatan ada batasnya. saya mungkin keasyikan dengan pekerjaan saya sehingga sampai melupakan bahwa saya juga manusia, punya batasan. batasan itu adalah kesehatan saya, jadi ini hampir semacam warning buat saya. saya harus merefleksi ulang segala tindakan yang saya lakukan. mungkin makanan (akan dibahas pada sub tersendiri), mungkin urutan pekerjaan, dsb.

semoga bermanfaat.
hk

No comments: