Friday, December 2, 2011

Ta Wan Resto @balikpapan

bulan november kemarin, diresmikan salah satu tempat makan baru di kota balikpapan. Ta Wan Restaurant.
saya dan teman-teman berencana untuk mencoba berbagai masakan, alasannya kalau pergi sendiri tentunya menu pilihannya sedikit, jadi kita coba bareng-bareng biar rasanya juga bareng2 dan tentunya bayarnya juga bareng2. hehe. oke kita mulai food reportnya ya..
pesanan pertama kami adalah tahu lima rasa. tahu nya sih tahu sapo yang di goreng kemudian diberikan lima macam rasa, tetapi yang saya rasakan adalah 4 rasa yaitu asin, asem, manis, pedas, plus rasa merica / lada sih. tetapi tahu nya lembut dan ketika masuk ke dalam mulut, kita ga perlu kunyah sudah hancur dengan sendirinya. lebih baik dimakan pada saat masih hangat tentunya.

kemudian ayam bumbu spesial, menu ini di pilih karena katanya spesial Ta Wan, jadi kita pilih untuk mencoba bagaimana rasanya. tetapi seperti layaknya makanan restoran lain, ayam ini hanya diberi saos manis, dengan hiasan yang sedikit menarik. tetapi bukannya tidak enak. hanya menurut kami ya standar saja makanannya ayam bumbu spesial ini.
menu berikutnya adalah kepiting lemburi, kepiting ini sepertinya cangkangnya sudah dikupas, kemudian digoreng dengan tepung sehingga seperti bakwan (orang sini bisa bilang ote-ote). rasanya sedikit hambar, daging kepiting bisa dirasakan, tetapi sebenarnya tepung juga ikut berpengaruh dalam memberikan rasa pada masakan. tetapi penggorengan ini sebenarnya cukup sehat, karena tidak terkesan ada penggunaan minyak yang berlebihan berarti masakan ini diangkat tepat sehingga tidak menyebabkan minyak tidak menempel terlalu lama pada makanannnya dan juga tidak terlalu kering. mungkin bagi sebagian besar orang dibalikpapan yang demen gorengan, mungkin akan sedikit kecewa dengan sajian ini (tentunya mereka mengharapkan lebih banyak minyak). tetapi menurut saya hidangan ini cukup baru dan karena saya belum pernah mencoba kepiting di goreng seperti itu.

next, udang goreng kare, untuk foto disini saya mohon maaf karena yang pergi laki semua, dan kedip mata sebentar hidangan udang itu sudah lenyap tak tersisa sehingga untuk saksi mata tidak terlihat disini. bayangkan saja begitu hidangan itu datang, saat itu pula hidangan itu raib hingga tersisa piringnya saja (ini gaya kayak orang ke undangan.. ;p), oke mengenai cita rasa makanannya, udang yang digoreng terlalu kering, sehingga kulitnya sedikit menempel pada daging udangnya, sedangkan rasa kare tidak begitu kentara terasa di lidah. karena sepertinya cara penyajiannya bumbu kare sepertinya tidak dimasak bersama dengan udangnya. kemungkinan menurut asumsi saya, udang nya dimasak terlebih dahulu lalu kemudian bumbu kare selanjutnya.

kemudian Brokoli Scallop, nah disini terlihat perbedaan bukan antara udang dan brokoli? ada gambarnya.. hehe, masih utuh, karena ga ada yang mau sentuh sama sekali, tuh liat masih bisa saya foto. reviewnya : Brokoli nya sangat segar, dan pemotongannya juga bagus. dan memang ketika kita makan memang lebih segar. kerang nya juga aman dari bau amis. saos nya tidak begitu pedas. saya sedikit lupa apa nama saos itu ;p maklum saya lebih suka menikmati brokoli murni sederhana daripada ada tambahan lainnya. tetapi untuk menu ini saya katakan bole dicoba.

terakhir adalah S.O bebek panggang, disini saya mempunyai 2 kubu yang saling memberi pendapat yang berbeda (kami makan ber 5) yang satu mengatakan bahwa bebek nya keras dan tidak terasa apa2. yang lain mengatakan bahwa yang dia lebih suka bebek polos sehingga yang dicampur saosnya akan terasa. saos bebeknya menurut saya lumayan enak karena bisa terasa di lidah lebih lembut dan manis. hanya saja untuk kualitas daging bebek, saya rasa pilihan tempat lain masih jauh lebih enak dibandingkan disini. terlebih bebek yang disajikan kurang berisi, jadi untuk ukuran mungkn tidak begitu besar. tambahan lagi daging bebek bisa hambar bisa jadi mungkin tidak diberi bumbu, setau saya ada koki yang memasak daging bebek dengan merendam dagingnya terlebih dahulu sehingga waktu kita makan kita bisa terasa bahwa ini daging bebek, atau bumbu lainnya yang ingin dicoba oleh kokinya. hanya saja proses nya memakan waktu cukup lama. untuk mendatangkan menu ini saja sampai memakan waktu cukup lama sampai nasi kami sudah habis.


note : gambar di pojok kiri atas adalah sisa dari udang kare, hehe...

overall : 7.5/10, untuk menu menu nya cukup bervariasi dan menu tersebut bagi saya cukup baru, soal rasa lidah tidak bisa bohong menurut saya standar untuk ukuran restoran seperti ini, teman-teman lain tentunya sudah mencoba di tempat lain, kebetulan saja baru buka di kota balikpapan. kemudian untuk rasa saya pikir tergantung lidah masing-masing karena ada yang suka hidangan itu di siramin oleh berbagai macam saos atau bumbu, ada yang suka polos (seperti brokoli kalau saya).

comfort zone : 8/10, bertambah lagi satu tempat yang ideal untuk mengajak keluarga makan di luar. saya rasa tempat ini cukup bagus jika dilihat dari sisi interior dan eksterior, suasana nya ramah, hangat dan bersahabat. para pelayan nya juga ramah walaupun kadang mereka sendiri bisa kebingungan dengan begitu banyak tamu yang datang pada jam makan malam. tetapi keramahan mereka menambah poin kenyamanan di tempat tersebut.

price :
-. tahu 5 rasa : 28,5k
-. ayam bumbu spesial : 31,5k
-. kepiting lemburi : 51 k
-. udang goreng kare : 51,9k
-. brokoli scallop : 38,5k
-. S.O bebek panggang : 78 k
-. nasi putih : 6k
-. orange juice : 11 k
-. semangka juice : 12.5 k

No comments: