Sunday, April 29, 2012

Lubang Kunci - Sebuah Pola Pikir

ini bukan kasus dimana bahwa saya menemukan sebuah master key yang dapat membuka kunci alam semesta ya.. ini cuma kejadian sehari-hari yang saya temui dan saya terinspirasi untuk hal itu.
kisahnya begini, kantor saya lubang kuncinya sedikit kotor di dalam nya, mungkin ada kotoran didalamnya, jadi ketika saya ingin membuka atau mengunci dengan kunci saya, hasilnya menjadi sedikit macet,lebih sukar untuk dibuka atau dikunci. awalnya saya tidak hiraukan, tetapi lama-kelamaan menjadi sedikit sulit untuk dibuka, akhirnya saya memanggil tukang yang kebetulan hanya disebelah kantor saya.

 tukang pertama mengatakan bahwa wah ini pasti ada yang iseng memasukkan kotoran di dalam lubang kuncinya (ada yang se-iseng itu? entahlah, saya tidak berpikir sedemikian jauh), akhirnya pembicaraan berbuntut pada bahwa harus mengganti lubang kunci itu beserta kunci-kuncinya. lalu saya tidak mengatakan apapun dan melewatkan hal itu.

beberapa hari kemudian, kunci macet ini menganggu saya lagi, jadilah saya panggil, kesimpulannya ya kalau ganti ya ganti aja. tetapi kali ini saya memanggil tukang yang berbeda, lalu dia dengan mendengarnya tanpa melihat lubang kunci nya langsung mengambil WD-40, lalu menyemprotnya ke lubang kunci. alhasil ketika saya mencoba anak kunci tersebut untuk membuka atau menutup, sangat mulus sekali, tidak ada macet sama sekali. lalu dia hanya berkata "mungkin anak kunci yang dipegang itu ada debunya, kadang kita bawa dan jatuh di antara pasir atau mungkin kebetulan saja kotor". setelah itu dia berlalu.


dalam pikiran saya, saya kagum dengan cara berpikirnya. kenapa saya tidak berpikir demikian? kadang hal yang sangat sederhana tidak bisa terpikirkan dan sudut pandang yang dia berikan benar-benar sederhana, hanya meletakkan pikiran itu pada anak kunci yang kita bawa dan bukannya pada hal semu yang belum tentu terjadi (menyalahkan anak-anak iseng yang ingin merusak kunci), walaupun saya harus waspada juga akan hal itu. tetapi pola pikir pertama itu lebih masuk akal bagi saya.

lebih baik melihat dulu anak kunci dan bersihkan lubang kuncinya terlebih dahulu ketimbang menggantinya yang kita belum tahu sebabnya. mungkin ada yang merasa ini hal yang biasa-biasa saja, tetapi saya cukup kagum dan terkejut bahwa hanya merubah sebuah sudut pandang kita mendapatkan sebuah pola pikir yang lain.

intinya apa? kesimpulannya, sebelum menyalahkan orang lain atau keadaan diluar kita, coba lihat dulu ke dalam diri kita. apa sih yang harus kita benahi, terkadang kita merasa bahwa dunia ini tidak adil terhadap kita, merasa bahwa beban itu terasa seolah kita yang memikul, padahal sebenarnya pola pikir kita yang berpikir demikian, kita yang berpikir dan berasumsi bahwa dunia ini tidak adil, dan segala hal negatif lainnya.
saya quote picture dari teman. it's very good quote by the way.

semoga bermanfaat.

No comments: