Friday, March 27, 2009

HMETD apakah itu?

HMETD adalah Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu, definisinya Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD)/Preemptive Right
Menurut Penjelasan pasal 82 ayat 1 UUPM, HMETD adalah hak yang melekat pada saham yang memberikan kesempatan bagi pemegang saham yang bersangkutan untuk membeli saham baru sebelum ditawarkan kepada pihak lain.
so mengapa saya membahas ini? well, tadi siang saya mendapatkan email dari salah satu pialang dan info yang saya dapatkan adalah salah satu bank terbesar sedang mengadakan right issue HMETD. pertama saya bingung dan langsung mau menutup saja kolom news tersebut. tapi setelah saya baca dan teliti kembali ternyata ada salah satu poin yang menarik yang menarik perhatian saya yaitu kita bisa mendapatkan kesempatan untuk membeli saham dibawah harga normal saat ini jauh lebih murah. wow dalam hati..
saya langsung tertarik dan melakukan segala macam penelitian dan menelpon orang-orang yang saya kenal dan mencoba mencari tahu mengenai HMETD. setelah 2 jam berlalu dan sedikit putus asa karena tidak mendapatkan jawaban yang puas dari teman-teman yang bergerak dibidang pialang (guys what happens to u all??)..

saya merenung dan melihat ke lemari buku saya sambil mencoba membuka laptop dan bertanya kepada om google dan om yahoo.. dan jawaban yang saya dapatkan adalah : bahwa hanya pemegang saham lama lah yang berhak mendapatkan kesempatan pertama untuk membeli harga demikian baru kemudian ditawarkan ke pihak lain.itupun ada tanggal tertentu yang berlaku sehingga pemilik saham yang berada setelah tanggal tersebut tidak dapat atau tidak mempunyai hak untuk membeli penawaran spesial..
padahal saya sudah kesengsem pengen beli, tetapi setelah bertanya sana sini, akhirnya jadi minder.. jadinya saya hanya menunggu kesempatan lagi, peluang yang lebih baik lagi.
setelah saya teliti lagi ternyata di news nya juga menyebutkan demikian, tetapi dasar otak kita, mereka selalu mencoba menghalangi dengan mengaburkan pikiran kita sehingga saya jadi tidak paham dari arti bacaan tersebut.

jujur pertama kali baca saya benar-benar ga tau blas apa yang di tulis...

No comments: