Tuesday, September 3, 2013

Investasi Bodong / abal-abal - My stories

ini salah satu topik yang sebenarnya dari dulu ingin saya bahas dan kebetulan sekali salah satu sahabat saya menulisnya, silakan disimak dan di klik link-nya untuk informasi lebih lanjut.


Mengenali Investasi Bodong

Kalau kita melihat situasi saat ini dimana banyak sekali tawaran investasi yang kemudian berakhir dengan hilangnya seluruh modal dari investor, bukan 10%, bukan sebagian tapi seluruh modal hilang. Kali ini saya akan coba membahas bagaimana cara mengenali investasi bodong.
Ada beberapa ciri khas :
1. Anda dijanjikan hasil yang PASTI dalam JUMLAH YANG BESAR
Ini ciri utama dari investasi bodong. Dalam investasi selalu ada yang namanya RESIKO. tidak ada suatu investasi yang tanpa resiko. Yang namanya investasi pastilah disertai dengan resiko atau faktor ketidakpastian. Bahkan obligasi pemerintah sekalipun, sewaku -waktu harganya bisa turun.
Saya pernah berbincang dengan orang yang mengalami sendiri investasi bodong dimana uangnya hilang cukup banyak. Skemanya cukup sederhana. Sales dari investasi bodong ini biasanya menawarkan untuk bertemu untuk berbicara tentang penawaran investasi. Dan kemudian menawarkan investasi dengan skema dan analogi juga menggunakan istilah seperti istilah di dunia pasar modal. makanya tidak heran kalau investasi saham kadang mendapat persepsi yang buruk.
Read more: bei5000.com
2. Lagi ada Ulang tahun dari perusahaan
3. Ketika mendekati jatuh tempo anda disuruh Top Up
4. Masih banyak lagi modus investasi bodong
Read more: bei5000.com

my story : jujur saja saya juga mengalaminya bahkan saya pun masih belajar untuk mengenali-nya, setelah merenung cukup lama dan berdiskusi dengan beberapa korban (termasuk saya) saya menyimpulkan ada beberapa faktor yang lazim di temui di lapangan :
1. imbal hasil melebihi deposito, resiko terjamin karena sudah ada perjanjian notaris, ini yang paling baru dan paling gress (sampai membuat saya geleng-geleng kepala). dalam sekian tahun jika hasil tidak sesuai yang disepakati maka nilai investasi akan dikembalikan beserta gain-nya. secara psikologis manusia memang ingin sekali mendapatkan sesuatu yang lebih. lebih aman, lebih kurang resiko-nya, lebih murah biaya investasinya, dan lebih-lebih lainnya. wajar saja anda ingin meningkatkan nilai dari uang anda, tetapi anda sendiri yang harus tahu bahwa faktor resiko juga hadir bersamaan dengan imbal hasil, tinggal tergantung kemampuan anda dapat membedakan, memilah atau bahkan mengetahui mana investasi yang benar dan mana yang bodong.

2. kebutuhan mendesak / cara instan, hasil dari beberapa diskusi dengan teman saya, ternyata disadari atau tidak disadari dari 10 orang yang saya ajak bicara 8 sudah dipastikan ingin cara instan, yang sisanya 1 tidak mengerti apa yang saya bicarakan, 1 nya mengerti bahwa investasi bukan hal yang instan. apa sih biasanya yang mereka inginkan?
-. rekomendasi beli dan jual yang tanpa ingin mengecek terlebih dahulu investasinya / mengerjakan pekerjaan rumah (biasanya ini pada saham, forex, komoditas), banyak yang nanya kepada saya, kemungkinan masih ragu karena analisisnya mungkin belum pas, ada juga yang nanya hanya untuk mendebat argumen bahwa titik buy beli saya terlalu riskan, atau titik jual saya terlalu cepat (padahal saya ga mengeluarkan pernyataan jual dan beli, kan ditanya ... ) jadi nya sekarang saya nanya balik biasanya kalau ditanya, sudah mengerjakan pekerjaan rumahnya?? hehe.. dan sebagainya.
-. cara cepat tapi tidak instan, agak konyol sebenarnya tetapi ini yang terjadi. "tenang hen, saya ga cari cara instan tetapi cara cepat buat kaya", ini terjadi ketika diskusi bisnis atau unit usaha biasanya, jadi dia mencari cara paling cepat untuk langsung usaha, salah satunya franchise, saya tidak bilang semua franchise jelek, tetapi yang saya temui adalah ada beberapa yang cuman jual gerobak atau sistemnya saja. bukan bisnisnya. so be careful. ada banyak aneh-aneh dan unik-unik nih orang-orang yang saya temui yang lucu-lucu ;).

3. ikut-ikutan. ini yang bikin mangkel dan pusing tetapi hanya bisa saya simpan dalam hati (sekarang udah di blog sih, jadi ga bisa bilang dalam hati hehe). biasanya ini ditawari oleh teman-teman dan saudara-saudara dan kolega, biasanya nawarin sesuatu yang bersifat spektakuler dengan impian-impian yang wah. dengan cara kerja demikian anda bisa mendapatkan penghasilan pasif yang sangat luar biasa, begitu biasanya orang-orang memprospek saya. ini biasanya udah pada tau kali ya, biasanya ini perusahaan multi level marketing. sekali lagi saya tidak mengatakan bahwa MLM itu jelek, sama sekali tidak. tetapi kadang yang ikut cuma ikut-ikutan pengen kecipratan saja, pengen ikut karena baru dari awal baru buka jadi mumpung lagi HOT kita harus ikut. jujur saja ini ada skema Ponzi sebenarnya silakan baca di web teman saya BEI5000.
setahu saya  MLM yang benar itu dia punya program jadi jika mau sukses dan berhasil anda harus mengikuti programnya, nyaman dan cocok kah anda dengan sistem cara kerja-nya, kembali ke anda sendiri.

masih banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. kesimpulannya adalah jadi bagaimana investasi yang tepat itu? 
1. investasi yang tepat sebenarnya dimulai dari pikiran kita. this is the most tricky but the most valuable, pikiran kita kadang sering kali suka menipu diri kita. kita perlu edukasi yang baik mulai dari bahan bacaan dan literatur yang tepat baik melalui buku, sharing, dan pengalaman. bacaan lebih lanjut
2. mindset yang benar, ini wilayah yang tidak banyak orang mau coba memahaminya, dinamika pikiran kita yang diatas tadi dapat membentuk mindset kita dengan belief, jadi hati-hati dengan belief yang anda punya.

3. pengalaman yang dievaluasi adalah guru terbaik, ini benar sekali, ketika sudah dapat ilmunya, kita test kemudian benar atau tidak, lalu kalau gagal gimana? coba lagi atau menyalahkan orang? (kecenderungan manusia suka menyalahkan, cuman kita tidak tahu siapa yang disalahkan, diri sendiri atau orang lain)
4. teman-teman yang mendukung, dalam arti kalau pergaulan kita tidak mendukung kita untuk menambah pengetahuan di bidang yang ingin kita tekuni, mungkin sudah saatnya anda mencari teman baru tetapi bukan berarti teman lama anda lupakan, anda hanya memberikan jumlah waktu yang lebih banyak pada teman yang mendukung apa yang ingin anda tuju. bisa dengan sharing, sekarang juga banyak media online yang bisa diikuti dan bisa sharing bareng atau kumpul-kumpul dan membahas yang berguna.
salah satu link teman saya yang membahas fundamental dengan cara sederhana. http://hendy-livetoday.blogspot.com/2013/07/buku-analisa-fundamental-by-rh-liembono.html.

semoga bermanfaaat.

No comments: