Sunday, April 12, 2009

Sebulan Pendalaman Dhamma - Minggu 12 April 09

SPD Kali ini bertempat di rumah Ibu Wulandari dan Bpk Hendra Kianata, dihadiri oleh Bhikkhu Cattamano (kiri) dan Samanera Gunakaro.
Tema kali ini adalah "Puja Ca Pujaniyanam Etammanggalamuttanam" "Menghormat yang patut di hormat, itulah Berkah Utama"
saya kurang bisa bercerita apa yang disampaikan oleh Bhante tetapi intinya adalah bahwa kita sebagai manusia harus sering berbuat baik baik kepada sesama manusia atau kepada leluhur, kebetulan hari ini bertepatan tanggal meninggalnya salah satu orang tua (ayahnya Bpk Hendra Kianata) jadi diberikan wejangan mengenai bagaimana kita bisa melimpahkan jasa kepada leluhur atau orang tua kita.

kemudian tambahan lagi dari bhantenya adalah kadang ada pertanyaan dari umat mengenai apakah kebajikan kita bisa habis apabila sering dibagikan kepada leluhur atau kepada makhluk lain. lalu bhante memberikan perumpamaan ibarat seorang guru memberikan ilmu kepada seorang murid apakah si guru tadi menjadi hilang ilmu nya? tentu tidak, bahkan dengan memberikan ilmu kepada muridnya, si guru bisa menambah lagi ilmunya supaya bisa dapat memberikan ilmu terbaru kepada murid-muridnya...
suasana setelah SPD, ibu wulandari sedang membagi2kan makanan kotak dan minuman buah..
anak2 vihara sedang mengisi absen karena daftar hadir belum diisi oleh mereka, terlihat Letto-i sedang serius mengisi daftar hadir dan mencari no telp mei2 baru (hehehe, mode nakal on...)
udah dunk Letto-i jangan menangis karena ga dapat no telp mei2.. hehehe..

No comments: