Saturday, April 11, 2009

Sebulan Pendalaman Dhamma - Sabtu 11 April 09

SPD malam ini (sabtu) bertempat di rumah salah satu umat, ibu Yeliana Sidharta (Pangan Jaya) dihadiri oleh Samanera Gunakaro yang memberikan Dhammadesana "menambah kebajikan untuk kebahagiaan baik dalam kehidupan ini maupun mendatang"
dikatakan ada 5 hal yang sulit diperoleh oleh manusia :
1. Sulit munculnya seorang Buddha.
2. Sulit terlahir sebagai manusia, di umpamakan penyu buta yang muncul 100 tahun sekali ke atas permukaan dan setiap kali muncul mencoba untuk memasukkan kepalanya ke dalam sebuah gelang.
3. Sulit memiliki keyakinan Buddhis dan Memahami Hukum Kamma.
4. Sulit menjadi pabajita / petapa / samana, dikatakan bahwa untuk menjadi pabajita harus mempunyai kondisi yang mendukung. sedangkan kondisi yang tidak mendukung adalah tidak direstui oleh orang tua, pasangan, dan tidak mempunyai kondisi yang mendukung lainnya.
5. Sulit untuk mendengarkan Dhamma, dalam arti kadang kita tidak mempunyai kesempatan untuk mendengarkan dhamma atau tidak mempunyai kondisi yang mendukung supaya mendengarkan dhamma.
Lalu samanera nya mengatakan bahwa kita harus menambah kebajikan untuk bisa mendapatkan 5 hal diatas karena dengan mendapatkan 5 hal tersebut maka kita bisa menambah situasi dan kondisi yang mendukung untuk maju ke tingkat yang lebih tinggi yaitu pencapaian nibbana.. lagi meditasi... khusuk...

No comments: